Prodi S1 Keperawatan PSDKU Pangandaran

Ketua Program Studi

Dr. Siti Yuyun Rahayu, S.Kp. M.Si.

Penyelenggaraan pendidikan tinggi Keperawatan Universitas Padjadjaran terdiri dari dua program, yaitu program akademik dan profesi. Lulusan program akademik Sarjana (S1) akan mendapatkan gelar S.Kep.

Visi Program Studi

“Menjadi pusat kajian ilmu dan pengembangan profesi keperawatan dengan keunggulan pada  bidang keperawatan paliatif secara holistik dan terintegrasi dengan aspek pariwisata dalam bidang kesehatan melalui pendekatan interdisiplin pada tahun 2025”

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan program pembelajaran yang bermutu, berbasis karakter unggul, ksatria dan kreatif sesuai dengan karakter khas Unpad yaitu Jawara (Jagoan, Wani, Rancage);
  2. Mengintegrasikan hasil riset ke dalam proses pembelajaran dengan keunggulan keperawatan paliatif secara holistik yang terintegrasi dengan aspek pariwisata dalam bidang kesehatan melalui pendekatan interdisiplin;
  3. Mengintegrasikan hasil penelitian dan proses pembelajaran dalam program pengabdian kepada masyarakat khususnya melalui pelayanan keperawatan paliatif secara holistik yang terintegrasi dengan aspek pariwisata dalam kesehatan dengan pendekatan interdisiplin;
  4. Mengembangkan jejaring kerjasama dengan institusi lain dari dalam dan luar negeri untuk penguatan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi ;
  5. Menghasilkan lulusan dengan luaran kompetensi yang unggul dalam keperawatan paliatif yang terintegrasi dengan aspek pariwisata dalam kesehatan untuk peningkatan kualitas hidup manusia;
  6. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan dengan memperhatikan  aspek etik dan legal,  praktik keperawatan profesinya, kepemimpinan dan manajemen layanan,  melaksanakan riset dan pendidikan, pengembangan kualitas diri dan profesionalisme.

Akreditasi

Tujuan Pendidikan

Mendidik mahasiswa melalui proses belajar mengajar sehingga memiliki sikap dan kemampuan sebagai berikut :

  1. Berjiwa Pancasila serta memiliki, memelihara dan mengembangkan integritas kepribadian yang tinggi, rasa tanggungjawab, sifat dapat dipercaya serta menaruh perhatian dan penghargaan sesama manusia sesuai dengan etika keperawatan.
  2. Menguasai dasar-dasar ilmu secara ilmiah sehingga mampu berfikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuwan.
  3. Berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif dan produktif, bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi keperawatan maupun terhadap masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat serta mendidik dan mengajak masyarakat kearah sikap yang sama.
  4. Senantiasa meningkatkan dan mengembangkan diri dalam bidang ilmu keperawatan sesuai minatnya dengan meningkatkan pendidikannya, memilih sumber-sumber pendidikan yang serasi, berpedoman pada pendidikan sepanjang hayat.
  5. Menguasai ilmu dasar serta pengetahuan dan metodologi ilmu keperawatan sehingga mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang mencakup :
    • Mengenal, merumuskan dan menyusun prioritas masalah kesehatan masyarakat sekarang dan akan datang, serta merumuskan cara penyelesaian masalah-masalah tersebut melalui perencanaan program-program yang bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.
    • Menyusun rencana penyelesaian masalah kesehatan klien dengan berlandaskan etika keperawatan serta dengan memperhatikan aspek jasmani, rohani dan sosial budaya dan spiritual klien melalui proses observasi, identifikasi dan perumusan masalah klien
    • Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu kesehatan, khususnya ilmu keperawatan dalam upaya mencapai penyelesaian masalah kesehatan klien secara individu, masyarakat dan sistem pelayanan kesehatan dengan ikut serta dalam pendidikan dan penelitian.

Profil

Sejarah Singkat

Program studi (prodi) keperawatan merupakan salah satu dari 5 prodi yang diselenggarakan di kampus PSDKU Pangandaran Universitas Padjadjaran (Unpad) yang didirikan pada tahun 2016. Kehadiran Unpad melalui PSDKU ini merupakan suatu bentuk wujud nyata ‘Unpad nyaah ka Jabar’ dengan harapan ikut mendorong kemajuan Kabupaten Pangandaran melalui perantara akademik (pendidikan).

Dalam lima tahun sejak berdiri sampai saat ini sudah banyak kontribusi yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan di Kabupaten Pangandaran. Capaian ini dapat mengindikasikan bahwa proses pembelajaran di PSDKU Pangandaran telah berjalan secara profesional.

Ciri Khas

Kegiatan tri dharma yang meliputi pendidikan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat pada PSDKU Pangandaran berfokus kepada bidang keperawatan paliatif secara holistik dan terintegrasi dengan aspek pariwisata dalam bidang kesehatan melalui pendekatan interdisiplin.

Identitas

Penyelenggara pendidikan sarjana keperawatan yang berada di luar kampus utama.

Penerimaan Mahasiswa Baru

Program Studi Sarjana Keperawatan Kampus Pangandaran merupakan salah satu program studi yang ada di dalam lingkungan Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Program Studi Sarjana Keperawatan Kampus Pangandaran merupakan penyelenggaraan pendidikan tinggi Keperawatan di Universitas Padjadjaran yang terletak di Kampus Pangandaran. Program pendidikan ini terdiri dari dua program yaitu akademik dan profesi. Untuk program akademik lulusan akan mendapatkan gelar sarjana (S.Kep.) dan untuk lulusan profesi akan mendapatkan gelar profesi (Ners.). Kedua program tersebut diselenggarakan secara berkesinambungan. Mahasiswa diharuskan menempuh kedua program tersebut untuk dapat berkarir sebagai perawat profesional. 

Program Studi Sarjana Keperawatan Unpad Kampus Pangandaran melaksanakan kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi dengan kekhasan kepada health tourism.Untuk mendaftar menjadi Calon Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Unpad, terdapat beberapa jalur yang dapat ditempuh, yaitu SNMPTN, SBMPTN, Sarjana Jalur Prestasi, dan Sarjana Jalur Mandiri. Calon Mahasiswa dapat mengakses informasi melalui laman http://smup.unpad.ac.id/ dan bagi pendaftar jalur mandiri dapat membuat akun melalui laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/daftar.

Dosen Program Studi

    No.NamaPendidikan
    1SITI YUYUN RAHAYU FITRIS3
    2SUKMA SENJAYAS2
    3SETIAWANS2
    4ERMIATIS2
    5IRMAN SOMANTRIS2
    6TATY HERNAWATYS2
    7RAINI DIAH SUSANTIS2
    8SRI HARTATI PRATIWIS2
    9NENDEN NUR ASRIYANI MARYAMS2
    10KURNIAWANS2
    11SITI ULFAH RIFA’ATUL FITRIS2
    12KHOIRUNNISAS2
    13DONNY NURHAMSYAHS2

Keunggulan

Program Studi S-1 Keperawatan di PSDKU Unpad K. Pangandaran yang telah terakreditasi B oleh LAM-PTKes ini memiliki kekhasan terkait dengan Keperawatan Pariwisata yang didasari oleh konsep Health Tourism. Health Tourism memiliki makna bahwa tujuan orang datang ke suatu wilayah untuk mendapatkan layanan kesehatan (Liang et al., 2017). Hal ini dapat menjadi sebuah peluang karena PSDKU Unpad K. Pangandaran berada di daerah tujuan wisata domestik maupun mancanegara. Selain untuk menjadikan ciri khas Program Studi S-1 Keperawatan yang ada di Kampus Pangandaran, pengaplikasian Health Tourism dalam kurikulum kekhasannya dapat meningkatkan peluang kerja sama internasional.

Kerjasama

Sekretariat

Dusun Sukamanah RT 04 RW 05 Desa Cintaratu,
Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia

Email: psdku.keperawatan@unpad.ac.id
Telepon: 022 842 88888
Faximile: 022 842 88898

Sarjana Keperawatan Universitas Padjajaran

Informasi terkait layanan pendidikan pada program studi Sarjana (S1) PSDKU Pangandaran dapat dilihat lebih lengkap pada website resmi Prodi Sarjana (S1) PSDKU Pangandaran.

Check. Check.