Profil Dan Kompetensi Lulusan Utama (The profile and the Main Competence)

Profil Dan Kompetensi Lulusan Utama
(The profile and the Main Competence of Graduates)

Penyelenggaraan pendidikan tinggi Keperawatan Universitas Padjadjaran terdiri dari dua program yaitu program akademik dan profesi. Untuk program akademik   lulusan akan mendapatkan gelar sarjana S.Kep dan untuk lulusan profesi akan mendapatkan gelar Ners. Kedua program tersebut diselenggarakan secara berkesinambungan. Mahasiswa tidak bisa hanya menempuh pendidikan akademik (sarjana) saja, tetapi harus menempuh pendidikan keperawatan secara utuh untuk dapat berkarir sebagai perawat profesional. Hal ini merujuk pada Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia [AIPNI] (2016), yang menyebutkan bahwa pendidikan tinggi keperawatan adalah satu kesatuan yang terdiri dari program sarjana di tingkat akdemik dan program profesi yang meskipun diselenggarakan secara terpisah, namun mahasiswa wajib menyelesaikan sampai dengan tingkat profesi.

Berikut ini profil serta kompetensi lulusan setelah mahasiswa menyelesaikan tahap akademik (S.Kep) dan profesi (Ners):

a. Profil lulusan Sarjana Keperawatan dan Ners:

  1. Care Provider
  2. Community Leader
  3. Educator
  4. Manager
  5. Researcher (Peneliti Pemula)

b. Kompetensi Utama Sarjana Keperawatan dan Ners:

Sikap

  1. Menjunjung tinggi nilai agama, memiliki integritas dan moral yang baik
  2. Mampu mengembangkan pola pikir kritis dan kreatif, logis etis, peka budaya, serta perilaku caring dalam memberikan asuhan keperawatan pada klien, keluarga dan masyarakat.
  3. Memiliki profesionalisme dalam menjalankan peran dan fungsinya

Pengetahuan

  1. Menguasai konsep keilmuan, paradigma, dan teori keperawatan
  2. Menguasai teknik, prinsip dan prosedur pelaksanaan asuhan/praktik keperawatan yang dilakukan secara mandiri atau berkelompok
  3. Menguasai konsep teori komunikasi terapeutik dan efektif pada klien dan keluarga.
  4. Menguasai konsep, prinsip, dan teknik penyuluhan kesehatan sebagai bagian dari upaya peningkatan derajat kesehatan pada klien, keluarga dan masyarakat pada level primer, sekunder dan tertier.
  5. Mengaplikasikan hasil-hasil penelitian terkini (current evidence based practice) dalam melaksanakan pelayanan keperawatan.

Keterampilan

Mampu memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas kepada klien dengan menerapkan pola pikir kritis, logis, sistematis dan mengacu kepada konsep, teori keperawatan serta mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi keperawatan.

The profile and the Main Competence of Graduates

The implementation of high education of nursing at Padjadjaran University consists of two programs, which are academic and profession program. In academic program, graduates will receive a bachelor degree i.e S.Kep (Bachelor of Nursing), and in profession program, graduates will receive Ners degree. Both programs are held continually. Not only must the students undergo the academic education, but also they must undergo the nursing education as a whole to have career as professional nurse. This is based on the AIPNI (the Association of Indonesian Nurse Education Institution) (2016) mentioning that high education of nursing is unity which consists of bachelor degree in academic, and profession program which even though it is held separately, students must finish their education program to the level of education.
Followings are profiles and competences of graduate after students finish the academic level (S.Kep) and the profession level (Ners)
a. The graduate profile of Bachelor of Nursing and Ners.

  1. Care provider
  2. Community Leader
  3. Educator
  4. Manager
  5. Researcher (Peneliti Pemula)

b. Main competences of Bachelor of Nursing and Ners:

Attitude

  1. Respecting the religious values highly, having integrity and good moral.
  2. Having ability in developing critical, creative, logical, ethical, and sense-to-culture thinking, and caring behavior in giving nursing education toward clients, family, and society.
  3. Having professionalism in running role and function.

Knowledge

  1. Mastering the concept of science, paradigm, and theory of nursing
  2. Mastering the technic, principle, and procedures of nursing education carried out independently or in group
  3. Mastering the concept of therapeutic and effective communication theory to clients and family.
  4. Mastering the concept, principle, and technic of health information as part of effort to improve the health level in clients, family, and society in the primary, secondary, and tertiary level.
  5. Applying the result of the latest research (current evidence based practice) in doing the nursing service.

Skill