Kamis, 1 Oktober 2015

Profil Fakultas

Perguruan Tinggi Universitas Padjadjaran
Alamat Jl.Raya Bandung-Sumedang Km. 21, Jatinangor Sumedang 45363.
Program Studi S-1,Profesi & S-2
Fakultas Keperawatan
Alamat Fakultas Kampus
Raya Bandung-Sumedang Km. 21, Jatinangor Sumedang 45363.
Telp. (022) 7795596
Fax. (022) 7795596
Website : http://fkep.unpad.ac.id
E-mail : keperawatan@unpad.ac.id
Akreditasi A (Sangat Baik)
SK. Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN-PT)
No. 197/5K/BAN-PT/AK-SURV/5/VU/2014, Tanggal : 5 Juli 2014

 

 

Pada awalnya adalah Program Studi Ilmu Keperawatan, yang bernaung dibawah Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran pada tahun 1994, dan seiring dengan perkembangan konsep dunia luar bahwa ilmu keperawatan disejajarkan dengan ilmu kedokteran dalam satu rumpun ilmu kesehatan, maka diresmikanlah Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjadjaran pada tahun 2005 sebagai fakultas ke 12 di lingkungan Universitas Padjadjaran. Dan menjadikan sebagai Fakultas Ilmu Keperawatan tertua ke-2 di indonesia setelah Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.

Dalam perkembangannya Fakultas Keperawatan UNPAD mengalami kemajuan yang pesat, berkat kerja keras para pengelolanya dengan dukungan civitas akademika dan tenaga administrasi serta stakeholder-nya.

Fakultas Ilmu Keperawatan itu sendiri adalah pengembangan dari Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran, jadi proses pendidikan dan pembinannya berada di bawah naungan dari Fakultas Kedokteran.

Pada tahun 2002 Fakultas Keperawatan yang waktu itu masih sebagai Program Studi di Fakultas Kedokteran UNPAD ini, mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT Departemen Pendidikan Nasional dengan peringkat akreditasi B. Dan pada tahun 2014 Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran mendapat peringkat akreditasi menjadi A.

Visi

Menjadi Fakultas berbasis riset dan berdaya saing internasional dengan keunggulan pada peningkatan kualitas hidup manusia pada tahun 2024.

      
Misi

  1. Menyelenggarakan tata kelola yang baik (good university governance) dalam pengelolaan Program Studi Magister Keperawatan.
  2. Menyelenggarakan sistem pendidikan yang terintegrasi berbasis riset dengan mengacu pada standar pendidikan tinggi nasional keperawatan yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat pengguna jasa pendidikan tinggi keperawatan yang berdaya saing internasional dengan keunggulan peningkatan kualitas hidup manusia.
  3. Menyelenggarakan riset keperawatan yang inovatif dalam pengembangan ilmu dan pemecahan masalah keperawatan yang berdaya saing internasional dengan keunggulan peningkatan kualitas hidup manusia.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil riset dan peka budaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan dan kualitas hidup manusia.
  5. Menyelenggarakan kerjasama dalam dan luar negeri untuk penguatan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan program studi adalah menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di pasaran kerja nasional maupun internasional.

  1. Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran (FKEP Unpad) sebagai pusat Pendidikan Tinggi Keperawatan tertua kedua di Indonesia dituntut untuk menghasilkan sumber daya manusia keperawatan yang berkualitas tinggi.;
  2. Sasaran di bidang pengembangan sumber daya manusia, yaitu meningkatnya kualitas dosen dan staf administrasi;
  3. Sasaran di bidang pengembangan sarana dan prasarana, yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung untuk terciptanya kondisi proses belajar dengan baik.
  4. Sasaran di bidang pendidikan, yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki integritas, pengetahuan, keahlian dan kemampuan sehingga mampu bersaing dalam pasar global, serta memiliki normal dan etika yang baik.
  5. Sasaran di bidang penelitian, yaitu meningkatkan kualitas penelitian agar dapat dipublikasikan baik secara nasional, regional maupun internasional serta diaplikasikan secara riil untuk membatu memecahkan permasalahan industri dan masyarakat.

 


Galeri

Korporasi