Kamis, 1 Oktober 2015

Program Studi Magister Keperawatan

Jadwal PMB Magister F. Keperawatan 2018




Ketua Program Studi :  Yanny Trisyani, S.Kp., MN., Ph.D

Sekretariat:

Teaching Hospital Universitas Padjadjaran
Jl. Prof. Eyckman No. 38 Bandung 40161
email : kaprodi.keperawatan.s2@unpad.ac.id

Program Peminatan:

  1. Magister Keperawatan Kritis (44 SKS)
    Konsep dasar Keperawatan Kritis, Pengkajian kritis lanjut, Keperawatan kritis lanjut I dan II, Tata kelola klinis di area keperawatan kritis dan pembelajaran klinis keperawatan.

  2. Magister Keperawatan Komunitas (43 SKS)
    Keperawatan komunitas, epidemiologi, promosi kesehatan, keperawatan keluarga, keperawatan kelompok khusus, manajemen program kesehatan dan Tata kelola di area keperawatan komunitas.

  3. Magister Keperawatan Medikal Bedah (42 SKS)
    Teori keperawatan medikal bedah lanjut, pemeriksaan kesehatan dan analis terintegrasi, pembelajaran klinis keperawatan, dan Tata kelola klinis di area keperawatan medikal bedah.

  4. Magister Keperawatan Jiwa (43 SKS)
    Komunikasi therapeutik lanjut, konsep dan teori lanjut keperawatan kesehatan jiwa, pengkajian keperawatan jiwa lanjut, keperawatan jiwa masyarakat, Advance Psychiatric Nursing Practice, Recovery and SURportive Environment dan Tata kelola klinis di area keperawatan jiwa.

  5. Magister Manajemen Keperawatan (44 SKS)
    Clinical Leadership, pembiayaan kesehatan, sistem pemberian pelayanan keperawatan, manajemen sumber daya manusia, manajemen strategis, tata kelola klinis keperawatan, kebijakan kesehatan (Publik)

  6. Magister Keperawatan Anak (44 SKS)
    Konsep dasar keperawatan anak, keperawatan anak , pengkajian keperawatan anak lanjut, pembelajaran klinis keperawatan.

  7. Magister Keperawatan Maternitas (43 SKS)
    Pengkajian keperawatan maternitas lanjut, kesehatan perempuan, keperawatan maternitas Lanjut I dan II, aplikasi keperawatan maternitas lanjut I dan II, dan tata kelola klinis di area keperawatan maternitas.

Visi Program Studi

Menjadi Program Studi Magister Keperawatan yang melaksanakan proses pembelajaran berbasis riset dan berdaya saing internasional dengan keunggulan peningkatan kualitas hidup manusia pada tahun 2024.

      
Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan tata kelola yang baik (good university governance) dalam pengelolaan Program Studi Magister Keperawatan.
  2. Menyelenggarakan sistem pendidikan yang terintegrasi berbasis riset dengan mengacu pada standar pendidikan tinggi nasional keperawatan yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat pengguna jasa pendidikan tinggi keperawatan yang berdaya saing internasional dengan keunggulan peningkatan kualitas hidup manusia.
  3. Menyelenggarakan riset keperawatan yang inovatif dalam pengembangan ilmu dan pemecahan masalah keperawatan yang berdaya saing internasional dengan keunggulan peningkatan kualitas hidup manusia.
  4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil riset dan peka budaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan dan kualitas hidup manusia.
  5. Menyelenggarakan kerjasama dalam dan luar negeri untuk penguatan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Akreditasi : B (BAN PT)

Tujuan Pendidikan

Menyelenggarakan program paska sarjana guna menghasilkan:

  1. Terselenggaranya manajemen kelembagaan Program Studi Magister Keperawatan yang profesional dan akuntabel
  2. Terselenggaranya sistem pendidikan yang mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat, pengguna jasa pendidikan tinggi keperawatan
  3. Terselenggaranya sistem pendidikan yang terintegrasi berbasis riset dengan keunggulan peningkatan kualitas hidup manusia
  4. Terselenggaranya sistem pendidikan yang berdaya saing internasional
  5. Terselenggaranya riset keperawatan yang inovatif yang digunakan untuk pemecahan masalah kesehatan di masyarakat baik nasional maupun global.
  6. Terselenggaranya riset keperawatan dalam pengembangan ilmu yang berdaya saing internasional dengan keunggulan peningkatan kualitas hidup manusia
  7. Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat berbasis riset dan peka budaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan dan kualitas hidup manusia.
  8. Terselenggaranya kerjasama dalam negeri untuk penguatan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi
  9. Terselenggaranya kerjasama luar negeri untuk penguatan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi
  10. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan kompetitif dalam bidang keilmuan keperawatan baik pada tataran nasional maupun internasional, kreatif, peka masalah.
  11. Menghasilkan produk penelitian keperawatan sebagai basis penyelesaian masalah, perumusan kebijakan baik local maupun nasional, dan atau pengembangan konsep serta keilmuan dan perbaikan kualitas.

  12. Menghasilkan kajian situasi dan atau kebutuhan terkait pelayanan dan pendidikan keperawatan guna meningkatkan pelayanan baik pada tatanan klinis maupun komunitas.

Gelar kelulusan

Lulusan program pendidikan magister keperawatan akan menyandang gelar Magister Keperawatan (M.Kep).

Kompetensi Profesi

Sesuai dengan jalur pengembangan karir professional perawat di Indonesia, menurut Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ,program S2 Keperawatan yang akan di selenggarakan di Fakultas Keperawatan bertujuan:

  1. Menghasilkan sumber daya manusia magister keperawatan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, berbudaya Indonesia, bersemangat ilmiah, mampu mengembangkan kapasitas berfikir kritis dan logis, bersikap peka terhadap permasalahan dan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan, bertindak etis rasional, bertanggung jawab, berkemampuan akademik dan profesional, serta sanggup berkinerja di lingkungan pekerjaannya.
  2. Memberikan konstribusi nyata dalam pembangunan kesehatan melalui peran dan fungsi perawat sebagai pengembang ilmu dalam keperawatan (researcher), pemberi asuhan keperawatan (care provider), educator, manager,dan community leader in nursing baik pada tataran nasional maupun global dengan dijiwai oleh tiga karakteristik dasar keperawatan yaitu holism, humanism and care.
  3. Menghasilkan sumber daya manusia magister keperawatan yang berkualitasyang mampu bersaing dalam pasaran kerja untuk kepentingan bangsa baik dalam tingkat regional, nasional, dan internasional.

Mengacu pada kompetensi diatas, Kompetensi magister keperawatan yang akan ditumbuhkan di Fakultas Keperawatan Unpad, terdiri dari kompetensi utama, kompetensi pendukung, dan kompetensi gayut. Secara rinci kompetensi magister keperawatan dapat diuraikan sebagai berikut:

Kompetensi Utama

  1. Mampu mengembangkan penelitian sebagai basis peningkatan keilmuan dan teknologi keperawatan
  2. Mampu mengembangkan evidence based practice pada area keperawatan baik klinis maupun komunitas
  3. Mampu mengelola klien di area keperawatan kritis dan komunitas dengan mempertimbangkan aspek legal – etis serta kebijakan baik di tingkat lokal, nasional dan global.
  4. Mampu mengelola pelayanan keperawatan baik ditatanan klinik maupun komunitas dengan mempertimbangkan aspek legal – etis serta kebijakan baik di tingkat lokal, nasional dan global.
  5. Mampu mengelola proses pembelajaran keperawatan sesuai dengan area yang diampu baik pada tataran akademik maupun profesi ditatanan klinik maupun komunitas
  6. Mampu bertindak sebagai Inovator pada lingkup keperawatan kritis untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan kritis.
  7. Mampu bertindak sebagai community leader pada lingkup praktik profesionalnya.

Kompetensi Pendukung:

  1. Mampu berperan aktif dalam pelayanan dan penanggulangan gawat darurat dan bencana
  2. Mampu menggunakan teknology informasi dan komunikasi pada (information communication technology) pada area keperawatan sesuai dengan profil yang diampu
  3. Mampu mengembangkan rasa peka budaya (cultural competence) sesuai dengan profil yang diampu
  4. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.


Galeri

Korporasi