Kamis, 1 Oktober 2015
SELAMAT DATANG DAN SELAMAT BERGABUNG
DENGAN KELUARGA BESAR
FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS PADJADJARAN

VISI FAKULTAS
Menjadi Fakultas Berbasis Riset dan Berdaya Saing Regional dengan Keunggulan Pada Peningkatan Kualitas Hidup Manusia pada Tahun 2019

MISI FAKULTAS

  1. Menyelenggarakan pengelolaan kelembagaan yang profesional dan akuntabel
  2. Menyelenggarakan sistem pendidikan tinggi keperawatan yang terintegrasi berbasis riset dan berdaya saing regional dengan keunggulan peningkatan kualitas hidup manusia
  3. Mengembangkan riset keperawatan pada skala nasional dan regional dengan keunggulan peningkatan kualitas hidup manusia
  4. Mengembangkan pelayanan keperawatan kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan untuk peningkatan kualitas hidup manusia berdasarkan pengembangan IPTEK dengan mempertimbangkan keluhuran budaya
  5. Menyelenggarakan kerjasama luar dan dalam negeri untuk penguatan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Kesusksesan mahasiswa merupakan hal yang sangat penting yang dimulai dari kesiapan dalam memasuki kehidupan kampus sampai kesuksesan meraih gelar sarjana dan profesinya. Berbagai layanan disediakan di Universitas Padjadjaran khususnya di Fakultas Keperawatan bagi seluruh mahasiswa agar mahasiswa terfasilitasi meraih kesuksesan optimal baik bidang akademik maupun bidang non akademik. Terdapat enam bentuk layanan yang dapat diakses oleh seluruh mahasiswa keperawatan Unpad, meliputi: (Klik Menu di bawah ini)

Layanan Bimbingan dan Konseling

APA YANG PERLU KAMU KETAHUI TENTANG
LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

  1. Pengertian
  2. Tujuan
  3. Bentuk layanan
  4.  Alur dan prosedur untuk mendapatkan layanan
  5. Kontak yang dapat dihubungi untuk mendapatkan layanan

 

Apa yang dimaksud layanan bimbingan dan konseling?

Layanan bimbingan dan konseling merupakan layanan yang dihadirkan untuk seluruh mahasiswa selama menjalankan perkuliahan di Fakultas Keperawatan agar mahasiswa mampu dengan sukses melewati segala tantangan atau permasalahan yang dihadapi selama menjadi mahasiswa, baik yang bersifat akademik maupun non akademik

Apa tujuan layanan bimbingan dan konseling?

Layanan ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam:

  1. Meningkatkan kegiatan belajar
  2. Memecahkan masalah yang dihadapi baik akademik maupun non akademik

Layanan apa saja yang ada?

  1. Bimbingan pengembangan diri
  2. Bimbingan akademik
  3. Bimbingan karir
  4. Konseling akademik
  5. Konseling pribadi

Bagaimana alur dan prosedur untuk mendapatkan layanan bimbingan dan konseling di Fakultas Keperawatan?

Sebelum memahami alur dan prosedur layanan, kamu harus mengetahui dua istilah berikut:
TPBK, merupakan singkatan dari Tim Pelaksana Bimbingan dan Konseling, yaitu lembaga yang dibentuk untuk mengkoordinasikan layanan bimbingan dan konseling bagi mahasiswa.
Dosen wali, adalah dosen yang telah ditetapkan sebagai …. Semua kontrak perkuliahan yang akan kamu ambil setiap semester harus berdasarkan hasil diskusi dan persetujuan dosen wali. Intinya, dosen wali ibaratkan orang tua kamu di fakultas, termasuk ketika kamu memiliki masalah, kamu bisa mendiskusikannya dengan dosen wali. Secara normal, kamu harus bertemu dengan dosen wali setidaknya tiga kali setiap semester, yaitu diawal semester, pertengahan semester, dan akhir semester.

Jika kamu memiliki masalah dan ingin memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling, maka beginilah alur layanannya:

Alur layanan bimbingan dan konseling

 

Siapa yang dapat dihubungi untuk mendapatkan layanan bimbingan dan konseling:

  1. Dosen wali

Dosen wali dapat kamu temui pertama kali pada saat Penerimaan Mahasiswa Baru. Disaat itu, kamu bertemu dan berkenalan sekaligus menerima pengarahan dari dosen wali. Jangan lupa minta kontak dosen wali kamu yang dapat dihubungi.

  1. TPBK Fakultas

TPBK Fakultas ditetapkan berdasarkan SK Dekan. Setiap hari, ada petugas piket TPBK yang dapat kamu temui di ruang TPBK atau kamu dapat menghubungi beliau melalui alat komunikasi.

Berikut struktur TPBK Fakultas:
Pelindung               : Dekan Fakultas
Kusman Ibrahim, S.Kp., MNS., PhD
Pembina                 : (Wadek I) Suryani, S.Kp., MHSc., Ph.D
. (Wadek II) Ahmad Yamin, S.Kp., M.Kes.,Sp.Kom
Ketua Pelaksana     : Aat Sriati, S.Kp.,M.Kes.
Anggota             : Mamat Lukman, SKM., S.Kp., M.Si.
. Suryani, S.Kp., MHSc., Ph.D.
. Anastasi Anna, S.Kp., M.Kes.
                  . Efri Widianti, S.Kep., Ners., M.Kep.

JADWAL LAYANAN TPBK
FAKULTAS KEPERAWATAN UNPAD
2017
HARI PENANGGUNG JAWAB
SENIN AAT SRIATI, SKp., M.Kes
SELASA MAMAT LUKMAN. SKM. SKp. Msi
RABU SURYANI. SKp.,MHSc, Ph.D
KAMIS ANASTASIA ANNA SKp.,MKes
JUMAT EFRI WIDIANTI, S.Kep.,Ners

Layanan Beasiswa

APA YANG PERLU KAMU KETAHUI TENTANG
LAYANAN BEASISWA

  1. Pengertian
  2. Tujuan
  3. Bentuk/ jenis layanan
  4. Alur dan prosedur untuk mendapatkan layanan
  5. Kontak yang dapat dihubungi untuk mendapatkan layanan

 

Apa yang dimaksud layanan beasiswa?

Layanan beasiswa adalah layanan yang diberikan kepada mahasiswa berupa pemberian bantuan financial terutama bagi mahasiswa yang memiliki kesulitan ekonomi namun berprestasi akademik tinggi guna mempertahankan semangat belajar agar inovatif, kreatif dan mandiri serta menyelesaikan pendidikan tepat pada waktunya.

Apa tujuan pemberian beasiswa?

Layanan ini bertujuan untuk:

  1. Pemerataan kesempatan belajar bagi para mahasiswa berprestasi maupun kurang berprestasi, namun tidak atau kurang mampu secara ekonomi
  2. Mendorong dan mempertahankan semangat belajar mahasiswa sehingga mampu tetap berprestasi dalam menyelesaikan studi
  3. Mendorong mahasiswa berpacu mencapai prestasi akademik yan gtertinggi sehingga sumberdaya manusia yang potensial tersebut tidak sia-sia

Jenis beasiswa apa saja yang ada?
Banyak jenis beasiswa yang tersedia yang dapat kamu akses. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah syarat dari setiap jenis beasiswa supaya pengajuan kamu dapat disetujui. Beasiswa dapat berasal dari pemerintah maupun non pemerintah. Berikut jenis-jenis beasiswa yang dapat diakses oleh mahasiswa keperawatan:

  1. Beasiswa BBM dan PPA
  2. Karya Salemba
  3. Beasiswa dari Bank BRI, BCA dan BNI
  4. Beasiswa BUMN Peduli Pendidikan
  5. Beasiswa Sobat Bumi
  6. Beasiswa Sinar Mas
  7. Beasiswa Sampoerna Foundation
  8. Beasiswa Kemenkes
  9. Beasiswa Pemerintah Daerah Jawa Barat
  10. Beasiswa IM-HERE
  11. Beasiswa Bidik Misi
  12. Beasiswa Internal Unpad

Bagaimana alur dan prosedur untuk mendapatkan layanan beasiswa di Fakultas Keperawatan?
Informasi tentang beasiswa akan diinfokan oleh Bidang Akademik dan Kemahasiswaan melalui Manajer Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Manajer Pembelajaran dan Kemahasiswaan akan berkoordinasi dengan BEM Fakultas mulai dari penyebaran informasi sampai dengan fasilitasi pengumpulan berkas persyaratan. Ke tingkat Universitas kemudian Manajer Pembelajaran dan Kemahasiswaan bersama dengan Ketua Program Studi berkoordinasi dengan Kepala Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni serta Biro Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran. Jadi, untuk mendapatkan beasiswa kamu harus berkomunikasi dengan BEM dan Manajer Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Informasi tentang beasiswa dapat juga kamu akse melalui http://beasiswa.unpad.ac.id

 

Siapa yang dapat dihubungi untuk mendapatkan layanan beasiswa:
Manajer Pembelajaran dan Kemahasiswaan Fakultas Keperawatan Unpad
Titis Kurniawan, S.Kep., Ners., MNS

Telp/ WA: 087823322284

Layanan Kesehatan

APA YANG PERLU KAMU KETAHUI TENTANG
LAYANAN KESEHATAN

  • Pengertian
  • Tujuan
  • Bentuk/ jenis layanan
  • Alur dan prosedur untuk mendapatkan layanan
  • Kontak yang dapat dihubungi untuk mendapatkan layanan

 

 

Apa yang dimaksud layanan kesehatan?

Layanan kesehatan adalah layanan yang disediakan bagi mahasiswa terkait kesehatan, baik yang bersifat preventif (pencegahan penyakit), promotif (meningkatkan kesehatan), kuratif (pengobatan penyakit) dan reabilitatif (pemulihan).

Apa tujuan layanan kesehatan?
Layanan ini bertujuan untuk:

  • Meningkatkan status kesehatan mahasiswa agar dapat belajar dengan baik selama proses pembelajaran
  • Mendeteksi dan megatasi masalah kesehatan mahasiswa sedini mungkin sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran

Jenis layanan apa saja yang ada?
Sarana pelayanan kesehatan yang tersedia di lingkungan kampus Fakultas Keperawatan dan  universitas Padjadjaran diantaranya meliputi:

  1. Unit PelayananTerpadu /UPT Kesehatan

Pihak Universitas telah menyediakan sarana pelayanan kesehatan dasar di lingkungan kampus melalui Unit Pelayanan Terpadu (UPT Kesehatan). Bentuk pelayanan kesehatan ini diselenggarakan oleh pihak Universitas dalam bentuk pemeriksaan kesehatan pada saat awal penerimaan mahasiswa baru, serta penyediaan pelayanan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa selama yang bersangkutan tercatat resmi sebagai mahasiswa. Ini link yang bisa kamu akses untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang UPT Kesehatan Unpad
http://www.unpad.ac.id/universitas/fasilitas/fasilitas-kesehatan/bale-kesehatan/ 
http://www.unpad.ac.id/universitas/fasilitas/fasilitas-kesehatan/

  1. Asuransi kesehatan dari provider asuransi yang ditunjuk oleh Universitas

Mahasiswa juga mendapatkan asuransi kesehatan dari provider asuransi yang telah ditunjuk oleh Universitas, khususnya pada saat pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata di daerah-daerah.

  1. Skrining kesehatan di tahap akademik dan profesi

Skrining kesehatan adalah bentuk pelayanan kesehatan yang dilakukan baik pada jenjang akademik maupun profesi. Skrining ini khususnya untuk mendeteksi penyakit infeksi seperti TB dan gangguan nutrisi seperti anemia. Melalui pelaksanaan skrining ini, jika ada masalah kesehatan yang kamu alami dapat diketahui dan diintervensi lebih dini sehingga kondisi kesehatan yang lebih parah dapat dicegah.
Sebelum kamu menjalani program profesi Ners, kamu juga dapat difasilitasi melakukan screening dan vaksinasi hepatitis B.

  1. Penyediaan layanan P3K yang dilakukan oleh Prodi Fakultas Keperawatan berkoordinasi dengan PNC (Padjadjaran Nursing Corps).

Layanan P3K dilakukan oleh Prodi Fakultas Keperawatan berkoordinasi dengan PNC (Padjadjaran Nursing Corps, dimana didalamnya ada dosen penanggung jawab dan mahasiswa yang sudah dilatih P3K). Dalam hal ini, disediakan ruangan P3K  yang bisa kamu dan staf di dilingkungan Fakultas Keperawatan Unpad gunakan.

Bagaimana alur dan prosedur untuk mendapatkan layanan kesehatan di Fakultas Keperawatan?
Jika kamu merasa memerlukan layanan kesehatan seperti yang dijelaskan diatas, maka kamu dapat mendatangi langsung setiap fasilitas yang ada.

Siapa yang dapat dihubungi untuk mendapatkan layanan kesehatan di Fakultas :
Koordinator Tim Kesehatan Fakultas Keperawatan
Ristina Mirwanti, S.Kep., Ners., M.Kep.

Telp/ WA: 085222595531

Layanan Pengembangan Minat dan Bakat

APA YANG PERLU KAMU KETAHUI TENTANG
LAYANAN PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT

  • Pengertian
  • Tujuan
  • Bentuk/ jenis layanan
  • Alur dan prosedur untuk mendapatkan layanan
  • Kontak yang dapat dihubungi untuk mendapatkan layanan

 

 

 

Apa yang dimaksud layanan Pengembangan Minat dan Bakat?

Layanan Pengembangan Minat dan Bakat adalah layanan yang disediakan bagi mahasiswa untuk memfasilitasi kamu mengembangkan minat dan bakat serta menyalurkan hobi yang kamu miliki.

Apa tujuan Pengembangan Minat dan Bakat?
Layanan ini bertujuan untuk:

  • Mengembangkan talenta mahasiswa berdasarkan minat dan bakat yang dimiliki
  • Memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan kegiatan positif yang sinergi dengan proses pembelajaran

Jenis layanan apa saja yang ada?
Pembinaan dan pelaksanaan kegiatan minat dan bakat mahasiswa Fakultas Keperawatan  diwadahi melalui organisasi kemahasiswaan seperti BEM, BPM, dan Unit-unit Kegiatan Mahasiswa dibawah koordinasi BEM, dalam bentuk-bentuk kegiatan sebagai berikut:

  • Pembinaan dan pengembangan dalam bidang penalaran dan berfikir kritis: Lomba Karya Tulis Ilmiah, Seminar Nasional Mahasiswa, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi sampai pada Pertukaran Mahasiswa tingkat Internasional. Terdapat klub penalaran mahasiswa yang bernama Paramedic
  • Olah raga, mulai dari kegiatan rutin klub olahraga sampai pada partisipasi di pertandingan-pertandingan, baik tingkat lokal maupun nasional. Terdapat tiga klub olahraga (futsal, basket, dan badminthon),
  • Kerohanian: di tingkat fakultas, ada dua organisasi kerohanian yaitu; Rohis QA (kerohanian Islam Quwwatul ‘Azzam); PMKK (Persekutuan Mahasiswa Kristen dan Katolik).
  • Keprotokoleran.
  • Dalam bidang seni dan budaya terdapat 3 klub/unit seni (jaipong/seni tari, angklung, dan paduan suara).
  • Keprofesian dalam bentuk unit kegiatan Padjadjaran Nursing Corp (PNC). Unit kegiatan ini mewadahi mahasiswa yang memiliki minat terkait bidang kegawatdaruratan.
  • Kegiatan keorganisasian di tingkat universitas: BEM/BPM KEMA Universitas, (UKM) minat dan bakat di level Universitas

Bagaimana alur dan prosedur untuk mendapatkan layanan pengembangan minat dan bakat?
Jika kamu merasa tertarik mengikuti berbagai kegiatan pengembangan minat dan bakat, dapat menghubungi BEM Fakultas keperawatan atau Manajer Pembelajaran dan Kemahasiswaan Fakultas Keperawatan Unpad. Berbagai informasi terkait pengembangan minat dan bakat juga dapat kamu terima selama proses Orientasi Mahasiswa Baru.

Siapa yang dapat dihubungi untuk mendapatkan layanan Pengembangan Minat dan Bakat di Fakultas :
Koordinator Tim Kesehatan Fakultas Keperawatan
Ristina Mirwanti, S.Kep., Ners., M.Kep.

Telp/ WA: 085222595531

Layanan Pembinaan Soft Skill

 

APA YANG PERLU KAMU KETAHUI TENTANG
LAYANAN PEMBINAAN SOFT SKILL

  • Pengertian
  • Tujuan
  • Bentuk/ jenis layanan
  • Alur dan prosedur untuk mendapatkan layanan
  • Kontak yang dapat dihubungi untuk mendapatkan layanan

 

 

Apa yang dimaksud layanan Pembinaan Soft Skill?

Layanan Pengembangan soft skill adalah layanan yang disediakan bagi mahasiswa untuk memastikan mahasiswa memiliki soft skill yang diharapkan sesuai standar kurikulum yang ada. Lebih jauh lagi, pembinaan soft skill ditujukan agar mahasiswa tidak hanya menjadi individu cerdas secara intelektual, namun juga cerdasa secara emosional, sosial, dan spiritual.

Apa tujuan Pembinaan Soft Skill?
Layanan ini bertujuan untuk:

  • Mengembangkan soft skill mahasiswa sesuai standar kurikulum yang digunakan
  • Mengembangkan soft skill mahasiswa untuk menjadi individu sukses yang paripurna

Jenis layanan apa saja yang ada?
Pembinaan softskill oleh Prodi dilakukan melalui kegiatan terstruktur dalam aktifitas pembelajaran dan juga melalui kegiatan extrakurikuler, sebagai berikut:

 

  • Proses Pembelajaran Akademik dengan menerapkan metode Student Centered Learning
  • Program profesi ners dengan penerapan metode pembelajaran Tutorial In Clinic (TIC) preceptorship.
  • Pengembangan dan pembinaan beragam kegiatan kemahasiswaan dalam kegiatan extrakurikuler.

Layanan Pengembangan Leadership

 

 

APA YANG PERLU KAMU KETAHUI TENTANG
LAYANAN PEMBINAAN LEADERSHIP

  • Pengertian
  • Tujuan
  • Bentuk/ jenis layanan

 

Apa yang dimaksud layanan Pengembangan Leadership?

Layanan Pengembangan Leadership adalah layanan yang disediakan bagi mahasiswa untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan dan kemampuan kepemimpinan mahasiswa

Apa tujuan Pengembangan Leadership?
Layanan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan mahasiswa

 

Jenis layanan apa saja yang ada?
Program pengembangan leadership diantaranya dilakukan melalui kegiatan:

  • Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB);
  • Latihan Dasar dan Kepemimpinan Organisasi (LDKO)
  • Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM)
  • Kegiatan student exchange bagi mahasiswa keperawatan.

Siapa yang dapat dihubungi untuk mendapatkan layanan Pengembangan Leadership :
Koordinator Tim Kesehatan Fakultas Keperawatan
Ristina Mirwanti, S.Kep., Ners., M.Kep.

Telp/ WA: 085222595531

Galeri

Korporasi