Kamis, 26 September 2019

Berita Acara GADARNAS 2019

02 Oct 2019

Menyikapi banyaknya kejadian darurat bencana di Indonesia, pada tanggal 21-22 September 2019, Padjadjaran Nursing Corps (PNC) bekerja sama dengan BKBN ILMIKI mengadakan seminar dan workshop Gawat Darurat Nasional (GADARNAS) 2019 dengan mengusung tema “Indonesia Darurat Bencana: Membangun Ketangguhan Bangsa Sebagai Upaya Penanggulangan Bencana Dalam Perspektif Keperawatan”. Kegiatan ini disponsori oleh Penerbit Erlangga serta IKA Unpad Komisariat FKep dan sponsor-sponsor lainnya.

Dengan mengundang narasumber ahli di bidang kebencanaan nasional, yaitu BASARNAS dan BNPB serta narasumber dari bidang keperawatan, seperti PPNI dan HIPGABI, kegiatan ini diharapkan meningkatkan pengetahuan serta wawasan perawat dan mahasiswa keperawatan mengenai kondisi dan perannya dalam penanggulangan bencana di Indonesia.

Peserta pada kegiatan ini terdiri dari mahasiswa berbagai universitas, seperti Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Hasanuddin Makassar, Institut Teknologi Bandung, Universitas Bhakti Kencana Bandung, Universitas Sari Mulya Banjarmasin, Universitas Islam Bandung, Universitas Padjadjaran, dan lain-lain. Selain itu juga terdapat peserta yang berprofesi sebagai perawat dan tim SAR.

Para peserta mendapatkan workshop terkait peran perawat dalam bencana di praktikkan dalam workshop Initial Assesment dan Alat Peraga Edukasi Bencana serta terdapat simulasi gawat darurat, sehingga peserta dapat merasakan situasi saat turun ke lapangan ketika terjadi bencana. Peserta sangat antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan ini terutama pada sesi simulasi penanganan bencana, sehingga diharapkan kegiatan ini dapat diadakan rutin dan dibuat dengan skala yang lebih besar.

(39humas-fkep)



Galeri

Korporasi